Mau ke Batam? Ini Kota Industri. Wisatanya Juga Bagus


pantai_melur2

Anak Badak dari Sumatera
Dibawa Orang ke Nagoya Hill
Bila Hendak Melihat Singapura
Cukup Berdiri di Tanjung Pinggir

Ke Batam? Jangan khawatir deh. Batam tidak hanya Kota Industri tetapi juga layak disebut kota wisata. Sejatinya Pulau Batam memang disediakan untuk industri. Faktanya: banyak industri-industri tumbuh di kota ini. Tapi bukan berarti datang ke Batam hanya melihat gugusan pabrik. Tidak! Ada banyak tempat yang bisa dikunjungi di Batam untuk berwisata.

Sama seperti daerah lain di Indonesia, Batam juga menawarkan aneka ragam wisata, mulai dari wisata pantai, kuliner, spa, dan wisata alam.

Bahkan, keberadaan ratusan industri di Batam bisa menjadi objek wisata sendiri yang di daerah lain tidak ada. Mari kita menghitung objek-objek wisata yang bisa dikunjung di Batam.

Wisata pantai

Kita mulai dari objek wisata pantai. Objek wisata pantai itu di kota ini tersebar dari banyak tempat, dan tersebar dari ujung pulau ke ujung pulau lainnya.

Untuk wisata pantai tak terhitung banyaknya. Ini seturut dengan Batam sebagai daerah pulau, maka objek wisata pantai jelas mendominasi.

Kita mulai dari Batam Kota. Ada Pantai Pasir Putih. Pantai ini tidak jauh dari Pelabuhan Internasional Batam Centre. Berada bersisian dengan jalur ke objek wisata Ocarina.

Di pinggir pantai ini, warga Batam biasa menikmati lalu lintas kapal ferri dari Batam ke Singapura atau sebaliknya. Di lokasi ini, beberapa kali juga digelar balap mobil, dan motor.

Masuk ke kawasan wisata Ocarina, ada pantai yang bisa direnangi dan tempat bermain anak-anak.

Di Nongsa, ada banyak tempat wisata pantai. Untuk wisata kelas menengah bisa mendatangi perkampungan nelayan di Nongsa.

Untuk tempat-tempat yang berkelas ada beberapa resort yang menyediakan pantai untuk tempat bermain dan menikmati liburan. Ada Batam View, Turi Beach, dan sejumlah resort di kawasan ini.

Masih di wilayah Nongsa, ada kawasan wisata yang di kelola di Kampung Melayu. Kawasan ini dikenal sebagai Sekilak.

Kawasan ini memang dekat laut lepas, tetapi tim pengaman khusus yang mengawasi orang yang berenang di pantai ini.

Selain pemandangan laut lepas dengan lalu lintas kapal, juga bisa menikmati lalu lintas udara, karena pesawat-pesawat yang akan mendarat di Bandara Hang Nadim Batam, melewat udara di atas pantai Sekilak ini. Pokoknya pasti berkesan deh.

tanjung_pinggir

Di Sekupang ada pantai Tanjung Pinggir. Lokasinya memang di pinggiran kota, tetapi pemandangan yang bisa dinikmati di sana, membuat kita betah berlama-lama di sana. Kata orang seh, pantai ini seperti dapurnya Singapura.

Itu sebutan saja, karena pemandangan laut yang terhampar dari Tanjung Pinggir memang Singapura dengan gedung-gedung bertingkatnya. Ada dua tempat di Tanjung Pinggir. Satu pantai rakyat, satu lagi berkelas, berada di kawasan KTM Resort.

Di wilayah Tanjung Riau ada juga sejumlah pantai rakyat dan resort yang bisa dinikmati bersama keluarga sambil berlibur. Lokasi pantai di kawasan Marina. Di Pantai Marina ada juga dilengkapi permainan-permainan untuk keluarga.

Bila mau lebih jauh di kawasan Barelang, selain menyaksikan keindahan pulau dari Jembatan Barelang, berjalan lebih jauh ke Pulau Galang, ada pantai indah.

Pantai Melur namanya. Lokasi wisata pantai ini jadi primadona bagi keluarga. Mandi di hamparan pasir putih, dan teduh.

Ada banyak pantai-pantai lain di Batam. Artinya, wisata pantai Batam layak jadi pilihan bila hendak ke Batam. Ke Batam lah, mari kita ke pantai.(nandarson)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s