Seperti Ini Kartun-kartun Pertamaku Saat Masih SMP


Jpeg

Membuat gambar kartun adalah satu di antara hobi yang aku punya.

Membuat gambar kartun GAG ini dulu awalnya sekadar untuk mengisi mading di sekolah saat masih SMP Negeri Lubuk Alung.

Sebenarnya ini juga berawal dari iseng-iseng, suka nyontek gambar-gambar mainan, hingga suatu saat lihat teman suka bikin gambar lupus dan bikin kartun GAG untuk mading.

Keisengan membuat gambar kartun menguat, ketika setiap kali membaca koran olahraga ada halaman kartun.

Saat itu, kartun-kartun GAG yang saya buat sama sekali tidak kepikiran untuk dikirim ke koran, meski saat itu sudah ada banyak kartun di media lokal di Padang.

Hingga suatu kali, saat kelas II SMP, saya menyerahkan gambar kartun GAG untuk mading kelas ke guru wali kelas.

Tak kusangka, gambar tak diterima, karena tak percaya saya membuatnya, dan bilang gambar-gambar yang saya buat hasil contekan. Duh!

Hingga akhirnya, saya terlecut untuk membuktikan bahwa katun GAG itu karya sendiri dan saya mengirimnya ke koran SKM Canang.

Tampil lah kartunku pertama kali di halaman Dari Sekolah ke Sekolah (DSKS).

Seperti ini penampakannya

Jpeg

Kartun seorang penderita sakit jiwa melakukan wawancara di TV, saat penyiar lagi menyampaikan berita.

Kartun lainnya saat saya di STM N Pariaman

Jpeg

Saya senangdengan dimuatnya kartun ini. Saya hanya menyimpannyadan mengklipingnya. Saat itu saya tidak tahu kalau karya dimuat di koran ada honornya. 😀

Saya kemudian mengirim lagi beberapa kartun dan itu berlanjut terus hingga kartun-kartun ku di muat di SKM Canang, KMS (Koran Masuk Sekolah) Singgalang, hingga Tabloid BOLA dan Tabloid NOVA.(*)

 

 

 

3 thoughts on “Seperti Ini Kartun-kartun Pertamaku Saat Masih SMP

Leave a Reply

